Rabu, 28 Januari 2015

Dingin-Dingin Sedap di RM Palinggihan

Sejak berkeluarga, saya jarang moto-touring. Berhubung bawa anak bini, praktis ke mana-mana pake mobil. Kadang-kadang saya kangen juga motor-motoran, maklum cowok knalpot he he....

Mumpung weekend ini anak-bini ikut mertua keluar kota, saya putuskan tunggangi Vixion tempuh rute pendek saja: jalur alternatif Mandirancan di lereng gunung Ciremai.


Di tengah perjalanan, langit mulai mendung, lalu hujan turun begitu saya tiba di Mandirancan. Pengendara motor lokal pada milih berhenti, tapi saya milih terus. Saya pikir, saya kan sedang wisata, harus berteduh di tempat makan istimewa dong biar badan jadi anget dan lidah digoyang nikmat.

Ingatan saya tertuju ke tempat makan favorit keluarga, Rumah Makan Palinggihan di Jl. Cirebon-Kuningan, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon. Tapi jaraknya masih agak jauh dari Mandirancan, Kab. Kuningan. Bodo ah! Air liur saya kadung jatuh ngebayangin pete goreng dan ayam goreng, menu andalan rumah makan itu. Saya tancap gas, berhujan-hujan ria.

Sampai di RM. Palinggihan, parkiran udah penuh. Waks! Hujan-hujan gini juga penuh? Bodo jilid 2. Saya parkir sembarangan aja, nggak peduli nanti ada mobil kebingungan kalau mau keluar. Udah laper soalnya ha ha

selamat Dadang datang di Palinggihan yang diguyur hujan
Saya langsung pesan menu idaman saya, tanpa peduli air membanjiri booth pemesanan dari badan saya yang basah kuyup.
Booth pemesanan, atau setidaknya begitu yang saya yakini :D
Saya pilih tempat duduk di "basement" yang deket parkiran--supaya bisa merhatiin motor barangkali yang punya mobil datang. Agak kurang nyaman sebenernya. Saya lebih suka nongkrong di lantai 2 atau 3 yang jauh dari hiruk pikuk dapur/jalan dan bisa lihat pemandangan ke luar. Tapi sudahlah. Suruh siapa tadi parkir sembarangan?

Makanan pun datang. Nasinya satu bakul penuh, khusus buat saya. Bukan rakus lho. Ini memang porsi untuk satu orang. Cukup bayar 5 ribu saya untuk nasinya. Total saya bayar cuma 22 ribu. Nggak percaya? Ini notanya.



Selain menu di atas, RM Palinggihan juga menyediakan menu lain, seperti sop iga, aneka pepes, sate kambing, dan lainnya yang rata-rata masakan khas Sunda.

1 komentar: