Jumat, 30 Januari 2015

Nyabu di Bubur Sop Mang Dul

Waktu nganterin ibu mertua masuk gawe dari Kota Cirebon ke Sumber, Ibu Mertua cerita tentang bubur sop yang pake tulang. Namanya Bubur Sop Mang Dul, di Jl. Dewi Sartika, Sumber. Kalau dari Stadion Ranggajati tinggal terus aja ke arah Pasar Sumber.

"Maksudnya, ceker ayam, Bu?" tanya saya. "Saya nggak suka ceker."
"Oh, bukan. Tulang iga sapi," jawab beliau.
Jidat saya langsung mengernyit.
"Bubur sop khas Cirebon kan pakai daging ayam, Bu."
"Ibu juga nggak ngerti. Tapi memang ada tulang iganya kok."


Motor pada parkir di depan tempat makan, kalau mobil berjejer manis di seberang jalan.
Dirundung penasaran, saya memutuskan sarapan di sana setelah men-drop Ibu. Penampilan tempatnya biasa saja, tapi ada banyak mobil dan motor parkir di depan tempat itu. Wah, kayaknya udah kesohor nih.
Saya langsung pesan, dan cari tempat duduk. Kebetulan bagian depan agak penuh, saya milih nongkrong di lorong rumah. Iya, rumah, hakikatnya tempat kuliner ini rumah tinggal yang disulap jadi tempat makan.

Bagian belakang masih agak sepi. Silahkan yang mau mojok :D
Tidak berapa lama, bubur sop yang dipesan pun datang. voila!

 Presentasinya sebenarnya kurang memikat--menurut saya. Setidaknya dibanding bubur sop ayam biasa yang mamerin suiran-suiran ayam goreng. Mungkin karena kuahnya terlalu banjir, dan tulang iganya kelihatan kayak tetelan biasa. Tapi saya sempat melongok ke bagian dapurnya tadi, saya lihat buburnya berwarna kuning, beda dengan bubur  sop ayam biasa yang berrna putih. Hmm.... pasti sudah dibumbui dulu, Saya tergoda untuk mencicipi buburnya duluan tanpa sambal, merica, apalagi kuah. Hmm, ternyata lezat dan tasty!
"dapur"-nya ada di bagian depan

Saya langsung jatuh cinta sama bubur sop ini.

Etapi, pas saya cicipin bareng kuahnya, kok rasa gurih buburnya tenggelam ya? Untung rasa iganya nggak tenggelam. Bolehlah saya rekomendasiin barangkali pembaca sedang main ke Kota Sumber, jantung pemerintahan Kabupaten Cirebon. Apalagi harganya tergolong murah. Ini buktinya :
Eh, terima pesanan juga lho....
Sebagai oleh-oleh, saya beli satu porsi lagi buat istri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar