Sabtu, 11 Juni 2016

CIREBON KOTA SEGALA ADA: We Got Everything Here, Bro!


Hancur hatiku waktu dr. Tita bilang anakku harus masuk meja operasi besar.

“Di mana operasinya, Dok? Jakarta? Luar negeri?” Aku gugup setengah mati.
“Tidak perlu ke mana-mana, Pak. Cukup di sini saja, di Cirebon.”
“A... apakah aman?” tanyaku resah. “Jujur aja ini pengalaman pertamaku dengan masalah operasi-operasian. Dan ini soal anak. Aku nggak mau anakku kenapa-napa lho, Dok!”
Dokter malah tersenyum. “Insya Allah aman, Pak. Barangkali Bapak belum tahu, Cirebon sekarang nggak kalah dengan ibukota lho. Fasilitas RSUD Gunungjati meningkat pesat. RS swasta juga gitu. Makanya pasien saya banyak juga datang dari kabupaten atau propinsi tetangga. Mereka nggak mungkin kemari kalau bukan karena percaya pada Cirebon, kan?"
Anak-anakku waktu main di playground Hotel Aston Cirebon. Kalau mereka sedang sakit tuh dunia seperti jungkir-balik.

Ucapan dr. Tita menenangkanku, biarpun nggak percaya-percaya amat. Tapi lambat laun aku lihat sendiri gimana profesionalnya dr. Tita dkk. menangani operasi anakku. Aku dikasih penjelasan yang cukup, bahkan dibolehkan masuk ke ruang operasi untuk diberi penjelasan lanjut. Rasa-rasanya agak takjub ini terjadi di Cirebon. Maklum. Udah lama aku merantau ke Jakarta, dan baru balik ke  Cirebon 2 tahun ini. Cirebon sudah banyak berubah sejak aku nyantri di sini tahun 90-an. Waktu itu jangan ditanya deh bagaimana buruknya pelayanan kesehatan. Sakit meriang saja masih untung kalau dapat obat generik.

Aku jadi ikut bangga dengan perubahan positif ini. Apalagi kudengar Cirebon diproyeksikan sebagai salah satu kota metropolitan Jawa Barat. Kepala Bappeda Jabar, Deny Juanda Puradimaja, sempat menyebutnya Metropolitan Cirebon Raya. Pak Deny bilang, kawasan metropolitan adalah proyek yang dibuat untuk masa 100 tahunan lebih. Tapi kalau menurut hematku, Cirebon pasti akan lebih cepat jadi kota metropolitan. Kenapa? Karena segala yang kita butuhkan ada di Cirebon (karena Cirebon kota segala ada)!

Soal kesehatan/medis sudah kuceritakan. Giliran soal lainnya.

Akses Jalan/Transportasi

Ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Cirebon ada di jalur tersibuk Pulau Jawa, yakni Pantura. Adanya tol Cipali jelas memanjakan pelancong masuk ke sini.  Kereta api dan kapal juga begitu. Sistem rel ganda kereta api pertama kali dirintis dari Jakarta sampai Cirebon. Ini menunjukkan pentingnya posisi Cirebon. Makanya lokasi proyek Bandara Internasional Kertajati juga tidak jauh dari Cirebon. Ke depannya Cirebon pasti berkembang lebih hebat lagi.

Kuliner dan hotel

Cobalah keliling kota Cirebon saat musim liburan. Jalanan tiba-tiba sesak oleh kendaraan berplat luar kota. Utamanya sentra-sentra kuliner Cirebon. Empal gentong, nasi jamblang, bubur sop, docang, nasi lengko. Nggak marem rasanya kalau datang tidak mencicipi semua. Termasuk juga nasi bogana ala Pawon Bogana, Keraton Kacirebonan. Jarang sekali kan kita bisa cicipi masakan khas ala bangsawan?

Tidak marem juga kalau tidak menginap di Cirebon. Tengok saja hotel-hotel di sini seringkali full booked. Kalau tidak puas dengan pelayanan dan fasilitasnya kan tidak mungkin pelancong rela berdudyn-duyun menginap di sini. Aku juga merasakannya lho waktu menginap di Hotel Aston Cirebon https://www.aston-international.com/ind/hotel-detail/84/aston-cirebon-hotel-convention-center hotel terbaik di Cirebon dan di Indonesia. Kamarnya luas, AC-nya brrrr.... sejuk sekali. Sarapannya jangan ditanya. Aku sampai nambah salad berkali-kali (ssst... jangan bilang manajernya ya). Itu favoritku tuh. Malahan kita dapat "surprise" hidangan yang jarang ditemui di pasaran, seperti mantou dan sari kunyit asam. Rasanya pengin banget bikin petisi supaya jam breakfastnya diperpanjang sampai jam 8 malam. Biar puas mencicipi masakan enak gituh he he.... Anak-anakku sampai nagih minta menginap lagi karena Hotel Aston Cirebon menyediakan area bermain anak yang nyaman. Tengok deh gimana nyamannya di video di atas.

Oh iya aku juga pernah kasih ulasan tentang Hotel Aston Cirebon di SINI.

Gadget

Cirebon juga terdepan dalam urusan per-gadget-an. Orang tidak perlu lagi pusing ke ibukota sekedar cari handphone atau aksesorisnya. Tinggal melipir saja ke kawasan Petratean. Segala macam aksesoris handphone ada di sana. Giliran kita yang pusing nanti karena pilihannya terlalu banyak dan bagus-bagus.

Aku lagi mejeng bareng KWIK "Smartfren"
Urusan beli handphone-nya malah lebih pusing. Ada banyak sekali toko handphone keren. Kalau tidak mau terlalu pusing maka pilih saja  toko-toko resmi dari merek handphone itu. Barangnya pasti bergaransi, dan klaim aftersale-nya mudah. Salah satunya Smartfren HPnya Generasi 4G di Cirebon. Aku beberapa kali ke sana untuk mengisi pulsa smartfrenku. Mau bolak-balik berapa kali juga nggak masalah sih, karena pelayanannya ramah dan tempatnya nyaman. Lokasinya juga strategis dan mudah ditemukan lho, yakni di seberang pusat perbelanjaan Cirebon Super Block (CSB).
Perdagangan dan Investasi

Bicara pusat perbelanjaan, Cirebon tidak kalah penting. Mal-mal dan distro bertebaran. Sentra-sentra perdagangan dan industri merajalela. Pasar Batik Weru, Pasar Kanoman, Pasar Kain Tegalgubug pasti penuh sesak pembeli, karena harga dan kualitasnya tidak kalah dengan Pasar Tanahabang, Jakarta.

Sumber gambar silahkan klik INI
Untuk investasi pun bisa. Cirebon memiliki iklim investasi yang bagus, salah satunya dengan keberadaan CSI www.csicenter.co.id “tempat investasi yang aman, prospektif, dan menguntungkan”. Kantor cabangnya ada di mana-mana, bahkan sampai punya Pusdiklat sendiri. Itu menunjukkan CSI serius dalam mengedukasi anggotanya agar semakin cerdas dalam mengelola uang.
Tahun 2020, Cirebon bahkan diramalkan jadi kota investasi terbaik Indonesia. Ini seperti disampaikan  pentolan CSI sekaligus blogger Rebon.Org, Bapak Santosa dalam tulisan-nya.

Pendidikan dan Akses Informasi

Siapa yang berani meragukan kredibilitas pendidikan di Cirebon? Sekolah bonafid banyak di sini. Bonafid bukan soal uang lho ya. Bonafid manakala lulusannya terdepan dalam prestasi. Ini terjadi karena atmosfer Cirebon yang mendukung. Pendidikan dan informasi bisa didapat dengan mudah. Seluruh elemen masyarakat seakan merasa bertanggung jawab membangun kemudahan akses ini, termasuk para blogger Cirebon dalam komunitas blogger Rebon.Org. Mereka dengan suka hati berbagi informasi wisata, kuliner, budaya, dan hal-hal lainnya untuk memperkaya wawasan. Malahan, pada Milad 3 Komunitas Blogger Cirebon, www.rebon.org sedang ada event besar di Bulan Mei - Juni 2016. Dengan sendirinya, Rebon.Org memberi sumbangsih yang besar bagi kemajuan Cirebon.

Oh iya, jika kamu senang nge-blog, marilah ikut blog competition  yang diadakan oleh Rebon.Org. Dengan begitu kita sama-sama bisa ikut memberi sumbangsih bagi kemajuan kota tercinta ini.

http://www.rebon.org/2016/05/lomba-menulis-di-blog-cirebon-kota-titik-titik-dapatkan-hadiah-jutaan-rupiah.html
Wisata

Dengan identitasnya sebagai kota wali, situs-situs bersejarah banyak terdapat di sini. Wisatawan yang menggemari sejarah pasti senang sekali dengan Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Goa Sunyaragi, dan Makam Gunungjati. Mata mereka langsung melotot seperti lihat harta karun. Tapi kalau tidak suka wisata sejarah ya tidak mengapa. Cirebon masih memiliki banyak hal menarik untuk dinikmati. Ada wisata air, wisata pegunungan, dan wisata kesenian/budaya.

Kalau masih tidak  tahu dan kebingungan mesti menikmati wisata apa juga tidak mengapa. Seperti kusebutkan sebelumnya, ada Rebon.Org yang siap membantu. Tinggal kunjungi saja alamat situsnya, segala kebimbangan dijamin sirna!!
Aku waktu maen ke salah satu obyek wisata air di Cirebon. Sengaja dibikin meme mumpung ketemu eneng cantik :v.

 Pokoknya, bro, pesanku sudah jelas. Apa pun yang kita ingin nikmati dan butuhkan, sebutkan saja! Karena Cirebon kota segala ada: we got everything here, bro!

4 komentar:

  1. Kerenn ihh..

    www.dokterjalanjalan.com

    BalasHapus
  2. Kerenn ihh..

    www.dokterjalanjalan.com

    BalasHapus
  3. selamat pagi mas. Sukses selalu sama konten cirebon yang bermanfaat.

    www.kotalangit.com

    BalasHapus